Hikmah hari ini ….: “Belajar dari Kang Asdin”

"Book signing after event >> efek  sampingnya jadi penulis/trainer,....." ^_^Asep Wahidin, “Kang Asdin”, begitulah namanya biasa disebut, lahir 10 Februari 1990. Mau tak mau, suka tak suka, aku harus angkat topi pada adik yang satu ini. Usianya baru 22 th-an, tapi prestasinya sudah luar biasa. Buku “Insan Muda Sukses Paripurna” yang ditulisnya, melalui training-training yang diselenggrarakan kini sudah menyebar mulai dari Aceh hingga Papua. Jam terbang mengisi trainingnya pun lumayan padat. Pekan kemarin di Surabaya & Sumedang, hari ini di Batam, pekan depan di Semarang & Jakarta.

Setelah lulus dari SMK 1 Cimahi, Kang Asdin merantau ke P.Batam dan bekerja di perusahaan tempatku bekerja saat ini. Selain bekerja, ia juga menyempatkan diri untuk nyantri di Pondok Yanbu’ul Qur’an, aktiv di MTA (ta’lim PT, kalau ngga salah dulu sebagai pengurus inti di Div. Pendidikan&Pengkaderan/PSDM), juga mulai merintis bisnis server pulsa yang mengharuskannya bekerja ekstra. Menyebar brosur, berkeliling dormitory di kawasan Muka Kuning, dari mulai Blok.P, Blok.Q, Blok.R, Blok.N, dll. Bisa dibayangkan, jam kerja wajib di PT saja sudah memakan waktu hingga 12 jam dalam sehari, belum lagi waktu yang digunakan untuk aktivitas-aktivitas yang lainnya.. Sebagaimana yang dituturkan Kang Asdin : “Dulu, sepulang kerja jam 7 malam, saya sempatkan diri untuk berkeliling dormitory menyebar brosur door to door sampai jam 10 atau jam 11 malam. Bahkan pernah juga baru pulang jam 12 malam”. Ya,.. Begitulah kalau sudah punya tekad, tak pernah mengenal kata lelah atau bosan, hidup jadi terarah  untuk mencapai cita-cita/tujuan..

Singkat cerita, di tahun 2010, Kang Asdin memutuskan untuk tidak memperpanjang masa kerja di Batam. Ia pulang ke Bandung untuk mulai merealisasikan impian-impiannya… 4 Impian besar yang ia tulis saat itu :

1. Menjadi Da’i Muda/Trainer/Motivator Nasional

2. Menjadi Penulis Buku Best Seller

3. Menjadi Entrepreneur Muda

4. Membangun Pondok Pesantren..

Dan kini, di waktu yang relatif singkat, di tahun 2012,… impian-impianya satu demi satu mulai terwujud.. Training Insan Muda Sukses Paripurnanya sudah diselenggarakan di berbagai tempat di Indonesia. Mulai dari Bandung, Jakarta, Padang, Aceh, Batam, Surabya, Madura, Makasar, dsb.. Alumnus peserta trainingnya sudah mencapai 40.000-an. Bukunya pun sudah 4 kali cetak ulang.. Mimpinya menjadi entrepreneur muda alhamdulillah sedang diwujudkan (saat ini sedang mengelola 3 unit bisnis & insyaAlloh segera menyusul bisnis-bisnis berikutnya).. Tentang mimpinya membangun pondok pesantren, insyaAlloh sedang dalam tahap pencapaian.. Sekedar sharing, alhamdulillah kang Asdin sudah berhasil membangun  Masjid Roudhotul Jannah yang berlokasi di depan rumahnya, juga mengelola madrasah yang baru saja di launching bulan Ramadhan kemarin…

Hmm…. pertanyaannya, apa rahasia Kang Asdin bisa mencapai impian-impiannya dalam waktu yang singkat??

Ini sebagian kiat-kiat yang beliau bagikan saat mengisi “Character Building & Leadership Training” di Graha Pena Lt.6  yang digagas CMS (Centre for Madani Studies) Batam :

# SUKSES itu memiliki POLA/KARAKTER >> Memiliki Visi Hidup/Impian/Dream >> Menggali Potensi Terbaik >>   Bermanfaat untuk lingkungan.

# Berawal dari MINDSET >> menjadi PERKATAAN >> menjadi PERBUATAN >> menjadi KEBIASAAN >> menjadi KARAKTER >> menjadi NASIB (Buat yang pernah baca The 7 Habits-nya Stephen R.Covey pasti ngga asing dengan statement ini)..

# RUMUS LEADERSHIP >> C3O2 >> Commitment, Consistent, Continue, Optimis, Optimal

>> Comitment : Hilangkan kata “TAPI…..”, Hilangkan kata ….”JIKA”… Contoh: “Saya ingin sukses,tapi saya kan….”   atau : Saya bisa Sukses jika saya……” (Sesuai dengan salah satu kiat sukses di The Magic of Thinking Big-nya David J.Swartz >> No Excuse, Hilangkan Dalih/Alibi/Alasan.)

>> Continue : Berkelanjutan, Tuntas, Bedanya orang Sukses dan Orang Gagal >> Orang Sukses melanjutkan usahanya hingga tuntas, Orang gagal hanya memulai, memulai, dan terus memulai…. (jadi keingetan Pa Iwan Setiawan, salah satu inspiratorku, bahwa: “Pemenang sejati bukan dikenal atas apa yang berhasil ia mulai, tapi Pemenang Sejati dikenal atas apa yang berhasil ia selesaikan…”)

>> OPTIMAL : Miliki nilai tambah, berikan Level energi 100%, Bekerja di atas standar orang rata-rata..

>> OPTIMIS : Berdo’a, Bersyukur, Tawakkal…

# Menyusun TARGET?? WHY??

  1. Sebagai Petunjuk Arah (simulasinya seperti orang yang naik taksi tapi ngga tau tujuannya kemana??)
  2. Memberikan nilai pekerjaan
  3. Memberikan Kekuatan
  4. Menentukan Prioritas

Kiat selanjutnya…… lebih detail silahkan baca & Ikuti trainingnya…

Semoga bermanfaat…….^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s