Memanage waktu???? Perlu ngga sih??

Curhatan seorang aktivis : “Hmmm…. bukan kali pertama aku mengalami hal seperti ini…
ada beberapa agenda penting di waktu yang bersamaan,……
Kalau sudah begini,… rasanya ingin membelah diri saja…..” (huek-huek amoeba xalie…membelah diri…!!!)

Ternyata memanage waktu itu susah-susah gampang,… sudah di manage saja terkadang masih kerepotan,… apalagi kalau tidak dimanage sama sekali,… pasti ujung-ujungnya berantakan….. Hidup kita jadi tidak terarah,.. disibukkan hal yang remeh temeh, lupa pada goal-goal yang sudah ditetapkan,akhirnya hidup kita biasa-biasa aja, stagnan tak ada peningkatan,.. Ya,.Itulah sebagian akibat kalau kita lupa untuk memanage waktu dengan baik….

So,…. bagaimana caranya agar waktu bisa kita gunakan seoptimal mungkin…..?
Simple…. caranya ya berlatih & terus berlatih…..
Tentunya pertama-tama yang harus kita lakukan adalah membuat Goal-goal terlebih dahulu, merujuk pada tujuan akhir… Seperti yang disarankan oleh Om Sean Covey penulis “The 7 Habits of Highly Efective Teens” (salah satu buku favoritku jaman sekolah dulu,….^_^….)
Oy, sebelum dilanjut numpang iklan dulu ah,… buku ini recomended banget buat para ABG, remaja/remaji, isinya membahas 7 kebiasaan Remaja yang efektiv. Sedikit ringkasannya >>
1. Jadilah Proaktif, bertanggung jawab atas hidupmu sendiri,…
2. Merujuk pada tujuan akhir, mulailah mengingat-ingat tujuan akhirmu, definisikan misi & sasaran hidupmu…..
3. Dahulukan yang utama, susunlah prioritas & dahulukan hal-hal yang penting…
4. Berfikir menang/menang,… win-win solution bahasa kerennnya…
5. Berusaha memahami terlebih dahulu, jadilah npendengar yang baik & tulus…
6. Wujudkan sinergi,.. bekerja samalah agar mencapai hasil lebih baik…
7. Asahlah gergaji,…perbaharuilah dirimu secara berkala…..
Meski terbitnya udah dari bertahun-tahun yang lalu, bukunya insyaAlloh ga ngebosenin hampir di setiap halamannya ada karikatur lucu yang siap menghibur kita. Ada kuisnya juga di akhir setiap bab,.. My lovely sist aja yang sama sekali ngga hobby baca,.. bisa nyelesein buku tebel ini kurang dari 1 pekan (ini prestasi banget lo, cz dari zaman SMP dulu ampe sekarang baru 1 buku itulah yang berhasil dia baca detail sampe halaman terakhirnya…….,hiperbola dikit lah, tapi da emang kenyataannya kaya gitu,..he…:). Oy, buat yang berminat baca buku ini, nyarinya jangan di pasar ikan yah… langsung aja dateng ke toko buku-toko buku terdekat, atau order di online shop juga boleh…. Jaman tahun 2003-an dulu mah harganya 75rb,..ngga tau deh sekarang berapa……Kalo kekurangan buku ini, berhubung penulisnya non muslim, so… ngga ada rujukan ayat al-Qur’an/hadits di dalamnya..

Hm…. lanjut….
Setelah menetapkan goal,menyusun prioritas,… tiba saatnya untuk mendesain jadwal,…..Buat sedetail mungkin,… dari jadwal tahunan, bulanan, pekanan, harian,…bla…bla…bla….
Kalo desain jadwalnya sudah beres,… langkah selanjutnya ya… patuhilah semua yang sudah kita tuliskan…..
“Fa idza ‘azzamta fa tawakkal ‘alalloh”…,kalau sudah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Alloh,…. Hasil mah urusan belakangan yang penting kita berikhtiar dulu semampu yang kita bisa….
Pokoknya buat kita-kita yang sudah berikrar diri menjadi Muslim/Muslimah mesti ada kemajuan dari waktu ke waktu,… Hari ini harus lebih baik dari kemarin, pun hari esok harus lebih baik dari hari ini….. Apalagi tempat perhentian kita bukan di dunia,… masa depan sesungguhnya adalah akhirat,……

Jadi,…. Yuk berfastabiqul khoirot,……
Bagaimana??? Sia….p??

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s